Rabu, 14 Agustus 2013

Inspirasi



Katakan “TIDAK”

Saat ku baca novel 9 summers 10 autumns, aku terinspirasi dengan kisah yang ada di novel itu. Aku terinspirasi pada Bab 6 Asap jalanan. Di novel pada bab tersebut mengisahkan tentang seorang supir angkot. Ya, aku malah terinspirasi bukan dari tokoh utama  malahan aku lebih terinspirasi oleh sosok yang bernama Pak Ucup. Dia seorang kenek angkot. Teman ayah  dari tokoh cerita utama. Pak ucup dalam hidup sederhananya memiliki prinsip untuk “Bekerja keras, terus belajar, dan kejujuran.” Tiga itulah prinsip yang harus selalu dipegang, karena tiga itulah yang akan mengantarkan kepada kesuksesan.
          Bagi diriku, tiga kata itu begitu berarti bagi diriku. Itu memang prinsip yang seharusnya ada di semua jiwa manusia. Bahwa kita harus selalu jujur, terus belajar, dan berusaha keras. Kata-kata itu mengingatkanku saat aku kalau sedang ada ulangan harian ataupun semester. Sering kali kita belajar tidak maksimal. Masih belajar sedikit saja langsung mengantuk. Kalau tidak alasannya tidak mudeng dengan pelajarannya. Sunguh tidak ada usaha keras. Yang ada malah menggantungkan dengan temannya. Iya, menyontek. Sepertinya sudah menjadi tradisi di semua sekolah. Mereka hanya menginginkan nilai yang wow tanpa perjuangan keras. Akupun terkadang seperti itu. Namun sekarang aku sadar. Apa itu arti perjuangan. Perjuangan sangatlah berarti. Karena perjuangan mengajarkan kita untuk bersabar dan semangat memperjuangkan apa yang kita harapkan. Perjuangan tersebut harus dilakukan dengan usaha keras. Kalau masih menjadi seorang pelajar seperti saya ini, perjuangan kita adalah terus belajar, berusaha keras, dan jujur. Bayangkan ketika hati kita mantap untuk selalu berperilaku jujur. Ketika ulangan kita tidak akan menyontek teman. Kita tidak akan menggantungkan nasib nilai ulangan kita ditangan teman. Namun nasib nilai kita ada di tangan kita. Dengan mantapnya prinsip kejujuran di dalam jiwa kita, maka kita akan menjadi berusaha keras dan terus belajar agar bisa mengerjakan soal ulangan dengan baik. Jika kita tidak belajar dan usaha keras, nilai kita akan jelek. Maka dari itu katakan TIDAK pada menyontek. Katakanlah Dengan pertolongan Allah, aku yakin bisa dengan kemampuanku sendiri.
          Yang terpenting adalah atur jiwa kita agar selalu berperilaku jujur. Kejujuran itu akan mengajarkan kita untuk selalu berusaha dan terus belajar. Dan aku mulai sekarang, mulai mencoba untuk menerapkan tiga hal tadi ke dalam jiwaku. Yaitu kejujuran, berusaha keras, dan terus belajar. Janganlah kita terlalu bangga dengan hasil akhir, melainkan proses yang lebih penting. Karena dari proses itulah kita mengerti arti dari sebuah perjuangan untuk menang dan hikmah dari segala hasil akhir nantinya. Jika kita telah menerapkan tiga hal tadi, namun kita belumlah berhasil maka janganlah berputus asa. Karena Allah tidak menyukai hambaNya yang berputus asa. Janganlah bersedih kawan, karena Allah tiada meninggalkanmu dan Allah selalu bersamamu. Bersyukurlah atas segala yang terjadi pada diri kita, sesungguhnya nikmat Allah kepda kita amatlah banyak.
          Semoga cerita ini bisa menjadikan spirit bagi diri kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar