Minggu, 17 November 2013



Yukk, mengenal siklus Haid.

Setiap perempuan dapat berbeda-beda siklus haidnya. Sebelumnya kalian tau gak siklus haid itu apa? Oke deh, aku kasih tau ya? Siklus haid adalah jarak dari hari pertama haid sebelumnya dengan hari pertama haid selanjutnya.
Jadi dihitungnya jarak dari  hari pertama haid bulan lalu ke hari pertama haid selanjutnya.
Semoga bisa dimengerti ya ?
Lamanya siklus haid yang dianggap normal adalah 28 hari, ditambah atau dikurangi 2 sampai 3 hari.
Setiap siklus dibedakan dalam empat fase, yaitu :
1.     Fase Haid
Fase ini lamanya 2 sampai 8 hari, rata-rata 5 hari, dimulai sekitar 14 hari setelah ovulasi.
Hari pertama keluarnya darah haid ditetapkan sebagai hari pertama siklus endometrium. Pada waktu ini endometrium dilepas dan dicampakan dari dinding uterus disertai dengan perdarahan.
Jumlah darah yang hilang sangat bervariasi, antara 20 sampai 80 ml (rata-rata 50 ml)
2.     Fase proliferasi
Fase ini berlangsung sampai hari keempat belas. Endometrium tumbuh kembali, disebut juga endometrium mengadakan proliferasi. Pada masa ini terjadi penebalan endometrium 8 sampai 10 kali lipat dan berakhir  pada saat ovulasi.

3.     Fase sekresi
Berlangsung sejak hari ovulasi sampai sekitar tiga hari sebelum periode haid berikutnya. Pada akhir fase sekresi endometrium matang dengan sempurna mencapai ketebalan, kaya dengan darah dan sekresi kelenjar yang kaya dengan glikogen dan lemak dan merupakan tempat yang sesuai untuk melindungi dan memberi nutrisi ovum yang dibuahi. Pada masa ini korpus rubrum menjadi korpus luteum yang menghasilkan hormone progesterone.
4.     Fase iskemi
Implantasi atau nidasi ovum yang dibuahi terjadi sekitar tujuh sampai 10 hari setelah ovulasi. Apabila tidak terjadi pembuahan dan implantasi maka korpus luteum mengecil dan menyusut menyebabkan kadar estrogen dan progesterone menurundengan cepat dan menimbulkan efek pada arteri yang berkeluk-keluk di endometrium. Terjadi dilatasi dan hyperemia diikuti spasme dan iskemi kemudian terjadi nekrosis. Lapisan fungsional yang nekrotik tersebut terlepas dari lapisan basal dan perdarahan haid terjadi lagi, menandai hari pertama siklus haid berikutnya.

Sekarang sudah tau kan siklus haid itu apa? Kalau sudah tau coba deh hitung siklus haid kalian? Untuk mengetahui haid kalian itu teratur atau tidaknya.
Selamat mencoba :D

2 komentar: